Selasa, 01 Juni 2010

Pace Motif Batik Khas Pacitan

Pace Sido Luhur


Mengambil desain motif batik klasik Sido Luhur, ragam pengisinya diganti dengan motif pace,
Bagian dalam motif segi-segi empatnya diisi dengan buah pace yang disusun membentuk segi empat beraturan, berselang seling dengan motif kulit buah pace yang sedang ditumbuhi bunga-bunga. bagian dalam kotak segi empatnya dibuat variasi, ada yang diblok dengan malam ada yang dikosongkan.Bagian tumpaul didesain dengan motif buah pece yang disusun berjajar dengan bunga-bunga yang menjulur keluar.
Pewarna yang dipakai Sol Pink, Sol Brown, Coklat 91 dan garam Merah B.




Pace Ceplok


Desain batik Pace Ceplok ini berawal dari segi empat beraturan. Bagian dalam segi empat dibuat dengan isi yang berselang-seling, yaitu berupa buah pace yang disusun dibagian pojok-pojok segi empat, dan segi-segi yang lain dibuat desain berupa bunga-bunga pace yang menyembul dari buahnya.
Bagian latar/dasar juga dibuat berselang-seling, bagian latar buah pace dibuat berwarna sedangkan latar bagian bunga diblok dengan malam sehingga warna yang dihasilkan putih/ tanpa warna.
Pewarna batik yang dipakai adalah Sol Violet, Coklat 91 dan garam Merah B.


Pace Tuban


Mengambil nama Motif Pace Tuban karena pendesain memasukkan unsur batik Gedhok Tuban dLm menambah variasi desainnya.
Motif Pace yang dibuat berupa ranting-ranting pace dengan batang rantingnya yang lurus-lurus membujur keatas, dengan buah yang lebat lengkap dengan daun-daunnya. Hiasan berupa sisir-sisir ala Gedhok Tuban jelas melengkapinya. Batik ini didesain dengan pola berulang yang mana bertujuN untuk memudahkan dalam proses pembuatan pakaian.
Pewarna yang dipakai Sol Pink, sol Brown, Coklat 91 dan garam Merah B.

Pace SIBEX 2004


Desain batik ini dibuat pada saat para pengrajin batik Pacitan mengikuti pameran di Solo Exsibition, tahun 2004.Batik yang berupa sapu tangan ini berukuran 25 X 25 cm.
Gambar terdiri dari seuntai buah Pace yang dilengkapi dengan daun dan bakal buah, bunga dan kuncup yang diletakkan ditengah saputangan. Pada bagian bawah saputangan diberi tulisan SIBEX 2004, dan pada bagian atas bertuliskan PACITAN KABUPATEN 1001 GOA. Bagian tepi saputangan diberi hiasan tumpal berupa meander.
Pewarna batik yang dipakai Sol Pink, Sol Brown, Coklat 91 dan Garam Merah B.





Pace Galaran


Motif Pace galaran didesain tahun 2005. diberi nama galaran karena dinagian latar belakang obyek dibuat garis-garis mirip galar ( alas tempat tidur dari bambu ). Obyek berupa gambar buah Pace mulai dari daun, buah, dan bunga yang tersenar merata di permukaan kain. Pada bagian obyek tertentu diberi warna merah ( coletan Rapid ) sebagian diblok malam dan warna dasar dengan mebcelup warna hijau, sehingga hasil akhir yang tampak berwarna merah, putih, hijau, hitam yang berpadu dengan warna yang kontras. Pawarna batik yang dipakai adalah Sol green, Rapid Red, Coklat 91 dan garam merah B.

Pace Seragam PNS


Batik motif Pace ini didesain oleh Budi Raharjo guru SMA N 1 Ngatirojo, batik tulis yang didesain untuk seragam ini memperlihatkan pohon Pace lengkap mulai dari akar, batang daun dan buah. pada bagian akar dan sulur diselipkan tulisan Pacetan yang mana untuk mengingatkan bahwa Pacitan berasal dari kata Pace sak pengetan.
Pewarna yang dipakai adalah Sol Green, Sol Yellow, coklat 91 dan garam merah B.








Pace Polkadot



Batik ini didesain tahun 2004, motif Polkadot identik dengan motif china, bagian bulatan diisi dengan motif untaian buah Pace lengkap dengan daun, bunga dan buahnya baik yang sudah tua maupun yang masih muda.
Pewarna batik yang digunakan adalah Sol green, coklat 91 dan garam merah B.


Diposting kembali oleh Hanung Prasetya Utama
Barak Mandiri Internet - pacitan

Dari :

0 komentar:

Poskan Komentar